Photobucket

Rabu, 25 Februari 2009

Adobe Photoshop CS (Trick)

. Rabu, 25 Februari 2009


MENJADI SUPERHERO

Saat kecil, mungkin Anda pernah berangan-angan menjadi superhero setelah menonton fi lm kartun favorit. Kemudian menyampirkan selimut di punggung dan berpose a la superherodi depan kaca. Berikut ini kita akan membuat mimpi Anda terlihat lebih nyata.

BUKA FOTO PADA KANVAS

Buka foto yang akan diedit di atas kanvas kerja Photoshop Anda dari menu File-Open. Duplikat foto tersebut dengan menekan CTRL + J. Sekarang tercipta layer 1 di atas layer background. Buka juga foto yang akan dijadikan bayangan bagi foto ini di atas kanvas. Sekarang kita memiliki dua foto, tapi bekerjalah dengan foto anak terlebih dahulu

SELEKSI GAMBAR ANAK

Sekarang seleksi keseluruhan objek pertama, yaitu foto sang anak. Anda bebas menggunakan tool seleksi apapun, lasso tool, ataupun pen tool. Pada contoh, seleksi dilaku-kan menggunakan Pen Tool. Setelah selesai, klik kanan pada kanvas dan pilih opsi Make Selection. Sekarang seluruh objek akan tertutup garis seleksi. Tekan CTRL + J untuk memisahkan hasil seleksi ke layer baru.


SELEKSI SUPERHERO

Lakukan hal yang sama pada gambar superhero. Setelah terseleksi, tekan CTRL + J untuk memisahkan gambar dari latar belakangnya dan meletakkannya di layer baru. Kemudian gunakan Move Tool untuk menarik gambar superhero tersebut ke kanvas berisi foto pertama.

MEMBALIK POSISI BAYANGAN

Sedikit ketidakcocokan foto pertama dengan kedua adalah posisi di mana superhero kita menghadap ke arah kiri, sedangkan sang anak sebaliknya. Klik pada menu Edit-Transform-Flip Horizontal. Gambar superhero secara otomatis akan berbalik arah. Pindahkan layer superhero di belakang anak dan letakkan di posisi yang tepat. Tekan CTRL dan klik layer superhero untuk mendapatkan seleksinya.

UBAH WARNA BAYANGAN

Tidak mungkin kita memiliki bayangan berwarna warni, bukan? Tekan D pada keyboard Anda untuk mengembalikan warna default pada Color Palette dengan hitam sebagai warna foreground. Kemudian klik pada layer shadow untuk mengaktifkannya. Masuk ke menu Edit-Fill, pada menu drop down dari pilihan Contents kita akan memilih Foreground Color. Klik OK.

SESUAIKAN POSE DENGAN OBJEK

Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi. Gambar ini sudah nyaris sempurna, namun jika dilihat dengan seksama, pose bayangan dan objek tidak terlalu sinkron dari bentuk tangannya. Pilih menu Edit-Transform pada layer super-hero. Kemudian klik kanan pada kanvas dan pilih menu Skew. Kemudian gunakan mouse Anda untuk menarik posisi tangan sang superhero sehingga sesuai dengan objek. Tekan Enter.

MEREALISASIKAN BAYANGAN
Untuk membuat bayangan terlihat agak samar, masuklah ke menu Filter-Blur-Gaussian Blur yang akan memun-culkan dialog box Gaussian Blur. Atur nilai radius sekitar 2-5 pixels dan klik OK. Berikutnya turunkan opacity pada layer bayangan menjadi sekitar 30 pixels. Sekarang bayangan Anda telah terlihat sempurna.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ilmu4komputer.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by IlmuKomputer