MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK)
DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
PENDAHULUAN :
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) kususnya Internet :
- Internet merupakan salah satu instrumen dalam era global telah menjadikan dunia ini menjadi lebih transparan, terhubung dengan sangat mudah dan cepat tanpa mengenal batas-batas kewilayahan dan kebangsaan.
- Dalam kurun waktu yang amat cepat, beberapa dasawarsa terakhir ini telah terjadi revolusi internet di berbagai negara termasuk Indonesia, serta peng- gunaannya di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan.
- Menyadari peran internet sangat strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan termasuk didalamnya adalah mutu pembelajaran, maka pemerintah Indonesia dalam hal ini Depdiknas telah mengupayakan aplikasi / sarana / media pembelajaran berbasis internet seperti contoh : (1) E-book; (2) E-learning;(3) E-laboratory; (4) E-magazine (E-zine); (5) TV Edukasi (TVE); (6) Jardiknas; (7) ICT Center; dll. yang sewaktu-waktu dapat diakses dan dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu.
- Untuk menunjang pembelajaran bermutu berbasis internet agar dapat terwujud dengan baik maka siswa dan guru perlu pembuatan dan pemanfatan aplikasi Blogsite , E-mail dan kegiatan Browsing Internet.
PEMBAHASAN :
A. Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran di Sekolah.
TIK telah mengubah model pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran tradisional, yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara guru dengan siswa, baik di kelas maupun diluar kelas.
Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran ada 3 (tiga) persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
- Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas dan sekolah, sehingga siswa dan guru dapat memanfaatkan akses internet untuk mendukung proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun diluar kelas.
- Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna dan dukungan kultural bagi siswa dan guru, sehingga siswa dan guru dapat berkolaborasi secara baik dalam proses pembelajaran, dan kompetensi siswa dapat memenuhi tuntutan akademik. Sedangkan dukungan dukungan kultural bagi siswa dan guru sangat dibutuhkan, untuk menghilangkan pola pandang sebagian masyarakat (yang besifat tradisional), memandang internet dari sisi negatifnya, misal : (a). meng-akses internet hanya membuang-buang waktu dan boros (mahal); meng-akses internet akan merusak moral anak-anak karena penuh dengan situs porno. Pandangan semacam inilah yang harus dirubah agar masyarakat “ melek internet” sehingga dapat merubah pandangan tentang peran internet dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
- Guru harus mempunyai kompetensi (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital / internet untuk membantu siswa mencapai standar akademik, sehingga peran guru sebagai fasilitator, navigator pengetahuan, mitra belajar siswa dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
B. Penunjang Pembelajaran Berbasis Internet.
Agar proses pembelajaran berbasis internet dapat berhasil secara maksimal maka perlu dukungan sarana penunjang diantaranya Browsing Internet, Blogsite, dan E-mail..
- Dengan kegiatan Browsing Internet siswa dapat menjelajah dunia maya, dapat mengakses kebutuhan yang diinginkan siswa semua tersedia, sehingga siswa dapat mengetahui informasi apapun, dimanapun dan kapanpun.
- Dengan membuat dan memanfaatkan Blosite siswa menuangkan ide, kreasi dan inovasinya dalam blogsite . Blogsite sebagai media tulisan, sehingga siswa dapat melakukan share (bertukar data) berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi tentang sekolah. Blogsite selain berfungsi sebagai sharing informasi, juga dapat digunakan sebagai media penampung tugas-tugas siswa, dimana siswa dapat meng-upload tugas-tugasnya kedalam blogsite, maupun men-download E-book, E-laboratory, E-magazine, dll. sesuai kebutuhan.
- E-mail atau surat elelktronik fungsinya hampir sama layaknya surat yang kita tulis dan dikirim melalui Kanto Pos. Dengan hadirnya aplikasi E-mail pekerjaan kita jadi mudah, cukup hanya dengan Registrasi, kemudian kita menulis pesan, gambar, tugas, lagu, dll. bisa dalam kapasitas besar dan dengan biaya murah, lalu mengirim E-mail
Apabila 3 persyaratan yang harus dipenuhi dan ditunjang unsur penunjang pembelajaran berbasis internet dapat dimanfaatkan dengan baik, maka akan terjadi perubahan dalam pembelajaran dan adanya peningkatan proses pembelajaran serta hasil belajar yang ditandai :
- Peran Guru dalam proses pembelajaran berubah :
Dari menggendalikan dan mengarahkan semua aspek pembelajaran, menjadi “ lebih banyak memberikan alternatif dan tanggung jawab kepada siswa dalam proses pembelajaran ” dan
- Peran Siswa dalam pembelajaran juga berubah :
Dari mengungkap kembali pengetahuan menjadi “ penghasil berbagai pengetahuan ”.
Dari pembelajaran aktifitas individual menjadi “ pembelajaran berkolaboratif dengan siswa lain ”.
PENUTUP
A. Kesimpulan :
- Dengan dimanfaatkan TIK untuk pembelajaran berbasis internet maka akan terjadi pergeseran metoda pembelaajaran yang ditadai pergeseran peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.
- Kegiatan Browsing Internet, pembuatan dan pemanfaatan Blogsite dan E-mail sebagai penunjang kegiatan pembelajaran siswa sangat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi siswa terutama dalam berekplorasi, berkreasi, menuangkan ide dan gagasan siswa melalui pembelajaran berbasis internet.
- Perlu adanya sosialisai kepada masyarakat atau orang tua murid manfaat penggunaan media internet untuk pembelajaran, guna menghilangkan pola pandang yang negatif terhadap penggunaan internet oleh siswa dan guru.
Dengan diadakannya lomba Blogsite dapat memotivasi para siswa untuk membuat dan memanfaatkannya, sehingga akan lebih baik bila sering diadakan lomba, untuk memacu kreatifitas dan inovasi siswa.
0 komentar:
Posting Komentar